Instalasi Huruf (Fonts) di Ubuntu

Dari Wiki STMIK Kharisma
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam sebuah Distro Linux, fonts (huruf) yang disertakan langsung (bawaan) masih sedikit jumlah atau pun jenis / tipenya.
Oleh karenanya, sebagian pengguna biasanya menambahkan huruf baru untuk kebutuhan sehari - hari misalnya untuk mempercantik tampilan dalam pembuatan Naskah atau pun Slide Presentasi. Apalagi pengguna yang memang memperuntukan komputernya khusus Grafika & Multimedia.

Ada 2 (dua) cara untuk cara menginstal huruf baru di Ubuntu.

Menggunakan Synaptic Package Manager atau Ubuntu Software Center untuk menginstal huruf dari repositori Ubuntu. Sebagai huruf baru yang akan ditambahkan ke arsip, metode ini menawarkan huruf yang cocok untuk jumlah pengguna yang meningkat, dan sangat mudah.

Metode kedua berguna jika Anda telah mengunduh huruf dari web, membelinya (huruf), atau diperoleh dari sumber lain. Ini sedikit lebih manual, tetapi memungkinkan Anda untuk menggunakan huruf dari berbagai sumber.

Berikut ini langkah - langkahnya

Otomatis

Paket yang tersedia melalui Synaptic Package Manager atau Ubuntu Software Center sebagian besar program, alat dan perpustakaan, tetapi ada beberapa paket huruf dalam sistem.

Anda perlu mengaktifkan repositori Universe dan Multiverse untuk mendapatkan semua huruf yang tersedia.
Setelah repositori diatur, cari "Font" di Synaptic atau Software Center. Anda harus mendapatkan daftar lebih dari seratus paket. (Jika Anda mendapatkan jauh lebih sedikit, maka Anda mungkin perlu menekan Reload / ulangi pencarian, untuk memastikan bahwa data repositori Anda up to date.) Tidak semua dari paket ini adalah huruf, beberapa adalah utilitas huruf untuk mengedit atau mengelola huruf. Pilih sebuah paket huruf, misal: ttf-mscorefonts-installer dan diinstal paket tersebut.

Manual

Ada berbagai lokasi di GNU/Linux di mana huruf dapat disimpan. Lokasi ini didefinisikan di /etc/fonts/fonts.conf.
Bentuk standar meliputi /usr/share/fonts, /usr/local/share/fonts, dan /home/<username>/.fonts (di mana <username> adalah nama pengguna Anda).

Semua huruf yang akan Anda gunakan di Ubuntu disimpan di dua tempat.

  1. /usr/share/fonts
  2. /home/<username>/.fonts

Jika Anda menginstal huruf ke direktori /home Anda, maka huruf tersebut tidak akan mudah diakses akun lain pada komputer.
Agar huruf yang akan diinstal dapat diakses akun lain pada komputer, maka Anda harus menempatkannya ke direktori /usr/share/fonts
Misalkan Anda punya koleksi huruf yang disimpan di direktori ~/Documents/hurufku dengan tipe .ttf
Pertama buat direktori dengan nama "hurufku" di direktori /usr/share/fonts/truetype/ untuk menyimpan huruf kustom Anda. Buka Terminal dan ketik perintah berikut:

stmik@kharisma:~$ sudo mkdir /usr/share/fonts/truetype/hurufku 

Selanjutnya salin isi dari koleksi huruf yang Anda simpan dengan perintah berikut:

stmik@kharisma:~$ sudo cp ~/Documents/hurufku/* /usr/share/fonts/truetype/hurufku/ 

Sekarang kita memiliki huruf dalam direktori yang tepat. Kemudian bangun ulang berkas informasi huruf di komputer Anda dengan perintah fc-cache pada Terminal

sudo fc-cache -f -v


Catatan

Setelah Anda menginstal huruf baru, Anda akan perlu untuk memastikan bahwa program - program di mana Anda ingin menggunakan huruf baru dapat mengenalinya. Dalam kebanyakan kasus ini dilakukan dengan menutup dan membuka kembali program; Namun, beberapa program mungkin mengharuskan Anda untuk logout dan login kembali.