Alamat Internet Protokol Versi 4 (IPv4 Address)

Dari Wiki STMIK Kharisma
Langsung ke: navigasi, cari

Alamat IP digunakan sebagai alamat dalam hubungan antar host di internet sehingga merupakan sebuah sistem komunikasi yang universal karena merupakan metode pengalamatan yang telah diterima di seluruh dunia. Dengan menentukan IP address berarti kita telah memberikan identitas yang universal bagi setiap interface komputer.

Alamat IP Adalah sebuah alamat IP berisi bagian jaringan dan bagian host, tapi format dari bagian-bagian tidak sama di setiap alamat IP. Jumlah bit alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan, dan jumlah yang digunakan untuk mengidentifikasi host bervariasi sesuai dengan panjang prefiks dari alamat. Ada dua cara untuk menentukan prefiks: pertama dengan alamat kelas atau kedua dengan alamat mask CIDR

Kelas-kelas Alamat IP

Alamat IP dibagi menjadi beberapa kelas alamat. Tiga kelas alamat utama adalah kelas A, kelas B, dan kelas C. Dengan memeriksa beberapa bit pertama dari sebuah alamat, perangkat lunak IP dapat dengan cepat menentukan kelas dari sebuah alamat. Oleh karena itu untuk menentukan kelas alamat IP harus mengikuti aturan-aturan:

  • Jika bit pertama dari alamat IP adalah 0, itu adalah alamat sebuah jaringan kelas A. Bit pertama dari kelas alamat A mengidentifikasi kelas alamat. Tujuh bit berikutnya mengidentifikasi jaringan, dan 24 bit terakhir mengidentifikasi host. Terdapat kurang dari 128 nomor jaringan kelas A, tetapi masing-masing kelas jaringan A dapat terdiri dari jutaan host
  • Jika 2 bit pertama dari alamat adalah 1 0, itu adalah alamat jaringan kelas B. Dua bit pertama mengidentifikasi kelas. Empat belas bit berikutnya mengidentifikasi jaringan, dan 16 bit terakhir mengidentifikasi host. Ada ribuan nomor jaringan kelas B dan setiap jaringan kelas B dapat berisi ribuan host.
  • Jika 3 bit pertama dari alamat adalah 1 1 0, itu adalah alamat jaringan kelas C. Dalam alamat kelas C. Tiga bit pertama mengidentifikasi kelas, sedangkan 21 bit berikutnya adalah alamat jaringan, dan 8 bit terakhir mengidentifikasi host. Ada jutaan nomor jaringan kelas C, namun masing-masing jaringan kelas C terdiri dari kurang dari 254 host.
  • Jika 4 bit pertama dari alamat adalah 1 1 1 0, itu adalah alamat multicast. Alamat ini kadang-kadang disebut kelas alamat D, tetapi mereka tidak benar-benar mengacu pada jaringan tertentu. Alamat multicast digunakan untuk grup alamat dari semua komputer pada satu waktu. Alamat multicast mengidentifikasi grup komputer yang berbagi aplikasi umum, seperti video konferensi, kebalikan untuk sebuah grup dari komputer yang berbagi jaringan umum.
  • Jika empat bit pertama dari alamat adalah 1 1 1 1, itu adalah alamat yang disediakan khusus. Alamat ini kadang-kadang disebut kelas alamat E, tetapi kelas E tidak benar-benar mengacu pada jaringan tertentu. Tidak ada nomor yang ditetapkan dalam kelas ini.


Alamat IP biasanya ditulis berupa empat angka desimal yang dipisahkan oleh titik (periode). Masing-masing dari empat nomor dalam kisaran 0-255. Karena bit yang mengidentifikasi kelas bersebelahan dengan bit alamat jaringan, kita bisa menyatukan mereka bersama-sama dan melihat alamat tersusun sebagai bit penuh alamat jaringan dan bit penuh alamat host. Jika nilai dari bit pertama adalah:

  • Kurang dari 128, alamat adalah kelas A, bit pertama adalah nomor jaringan, dan 3 bit berikutnya adalah alamat host.
  • Dari 128-191, alamat kelas B, dua bit pertama mengidentifikasi jaringan, dan 2 bit terakhir mengidentifikasi host.
  • Dari 192-223, alamat kelas C, tiga bit pertama adalah alamat jaringan, dan bit terakhir adalah nomor host.
  • Dari 224-239, alamat multicast. Tidak ada bagian jaringan. Seluruh alamat mengidentifikasi kelompok multicast tertentu.
  • Lebih besar dari 239, alamat ini dikhususkan. Kita bisa mengabaikan alamat ini.


5gu.png

Gambar struktur Alamat IP

Lihat Pula

Konfigurasi Manual Alamat Internet Protokol Versi 4 (IPv4 Address) di Linux